Tips Memilih Genset yang Bagus dan Berkualitas

Posted by : Admin



Generator set atau yang lebih dikenal dengan singkatan genset merupakan alat penyedia listrik yang bisa dikatakan menjadi kebutuhan yang utama saat ini untuk beberapa sektor usaha yang membutuhkan daya listrik yang besar.
Selain itu, fungsi dari genset yang dapat menyimpan daya listrik sehingga kita dapat menggunakan listrik ketika pasokan listrik dari PLN mati membuat kebutuhan genset juga mulai diminati kalangan pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), minimarket, bahkan untuk kebutuhan rumah tangga sekalipun.
Dikarenakan banyak jenis, tipe, produk genset yang beredar di pasaran membuat kita harus jeli ketika sedang mencari dan ingin membeli genset nantinya.
Ini dia beberapa tips memilih genset yang bagus dan berkualitas untuk anda yang sedang mencari produk genset terbaik dan sesuai kebutuhan anda.
Mencari Genset Sesuai dengan Kebutuhan Daya Listrik yang Digunakan.
Hal pertama yang harus kita perhatikan ketika akan membeli genset adalah pastikan kita sudah mengetahui berapa besar daya listrik yang kita gunakan. Karena jangan sampai kita membeli genset yang memiliki daya listrik yang lebih rendah dari jumlah daya listrik yang kita gunakan.
Idealnya daya listrik genset harus lebih besar 30% dari total daya listrik kebutuhan kita.
Mengapa harus ada daya listrik yang lebih besar? Pertama, menghindari jika terjadi kesalahan perhitungan pemakaian daya listrik kita yang bisa mengakibatkan genset tidak berfungsi dengan maksimal. Yang kedua, untuk persiapan jika nantinya kita menambah penggunaan alat listrik yang berefek terhadap peningkatan daya listrik yang kita gunakan.
Hitung Kebutuhan Daya Listrik
Setelah tips pertama telah kita lakukan, tips kedua pastikan bahwa dasar hitungan daya listrik bukanlah yang tertera persis seperti yang terpasang di rumah Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kita harus mempersiapkan apabila kedepannya terjadi hal-hal darurat yang berkaitan dengan kebutuhan mesin.
Mungkin Anda sering melaksanakan pesta kecil ataupun besar, maupun dari hal-hal kecil seperti penambahan alat-alat rumah tangga seperti kulkas, TV, AC dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, demi kelancaran kebutuhan listrik Anda, sebaiknya lebihkan daya genset yang akan Anda beli. Paling tidak 20% - 30% agar ketersediaan listrik tetap terpenuhi. Lebih jelasnya, marilah kita kalkulasikan hitungan daya yang Anda butuhkan jika ada beberapa barang ataupun ketika daya listrik sudah Anda ketahui.
Hal yang perlu diluruskan adalah mengenai satuan KVA (Kilo Volt Ampere). Banyak yang beranggapan bahwa 1 KVA itu sama dengan 1000 watt. Padahal, 1 KVA sebenarnya 800 watt atau setara dengan 0,8 KW.
Maka, ketika daya listrik yang terpasang di rumah Anda itu mencapai 5 .000 watt, maka tinggal dibagi dengan 800 watt. Jadi, 5.000/800 hasilnya 6.25 KVA.
Pilih Bahan Bakar yang Sesuai
Demi mempermudah pengoperasian genset Anda nantinya, usahakan dalam membeli genset baru, Anda perhatikan bahan bakar yang akan Anda gunakan. Tentu saja yang diharapkan adalah bahan bakar yang mudah ditemukan dan sangat terjangkau.
Saat ini, ada beberapa tipe genset yang menggunakan bahan bakar yang berbeda-beda. Ada genset yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, dan gas. Nah, seandainya genset Anda adalah genset yang bisa menggunakan bahan bakar yang mudah tentu itu lebih baik karena akan mempermudah kinerja Anda dalam mengoperasikan genset.

Contoh Genset Berbahan Bakar Gas

Pilih Tempat dan Penjual Genset yang Memiliki Produk dan Pelayanan Terbaik
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli genset sesuai kebutuhan Anda, Anda perlu memastikan bahwa pelayanan dari jual genset sangat baik. Adapun karakteristik pelayanan yang baik penjual genset pada pembeli yakni pelayanan ramah, standby menerima Tanya jawab seputar cari genset, jual genset, menyediakan garansi sesuai spesifikasi produk dan memiliki tim teknis tersendiri.
Mengapa hal di atas harus ada pada setiap penjual genset? Sebab penjual genset adalah pihak yang merekomendasikannya kelayakan mesin genset, dengan demikian penjual genset akan lebih mengerti dan memahami terkait produk jual genset dan seluk beluk mesin genset.
Dengan demikian, harapan terbesarnya adalah pembeli atau orang yang cari genset merasa aman dan nyaman dengan pihak penjual genset. Dan pastinya anda akan mendapatkan produk genset yang terbaik dan berkualitas sesuai kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat :)